2017-03-07 dibaca : 68 Kali

Balitbang SDM Sosialisasi SKKNI Bidang Komunikasi

bagikan informasi ini :

Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika Sosialisasikan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang Komunikasi di Bandung, Selasa (07/03/2017).

Kepala Badan Litbang SDM Basuki Yusuf Iskandar mengatakan Sosialisasi SKKNI merupakan kegiatan yang penting bagi pembangunan SDM bidang komunikasi dan informatika. "Karena akan memberikan pengaruh langsung terhadap pengakuan keahlian dan kompetensi SDM bidang komunikasi dan informatika di Indonesia," paparnya dalam sambutan pembukaan.

Menurut Basuki, peningkatan kompetensi melalui sertifikasi tenaga kerja dilakukan Pemerintah untuk mengakselerasi pengembangan SDM berbasis kompetensi. "Seperti yang selama ini dicita-citakan, upaya tersebut untuk melaksanakan salah satu program Nawa Cita yaitu peningkatan daya saing tenaga kerja di bidang komunikasi dan informatika, peningkatan daya saing SDM ini dilaksanakan oleh Kementerian Kominfo," paparnya.

Penigkatan kompetensi SDM, dalam pandangan Kepala Balitbang SDM Kementerian Kominfo sangat diperlukan agar terjadi kesesuaian antara perkembangan kompetensi kerja dan tuntutan kebutuhan pasar. Pada akhirnya diharapkan dapat mencapai hasil optimal sesuai potensi yang diharapkan.

"Untuk itulah, upaya penyiapan SDM Indonesia yang berkualitas harus dilakukan secara terintegrasi dan berkesinambungan.Bangsa yang SDM nya berkualitas, otomatis memiliki kemampuan dalam mengelola dan mengolah sumber informasi serta menghasilkan inovasi baru yang bermutu dan dapat bersaing dipasar dunia," terang Basuki.

Acara itu dihadiri pula oleh Bonardo Aldo Tobing dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat Ferry Sofwan Arif dan Kepala BPPKI Bandung Parulian Sitompul. Selain itu diikuti oleh staf Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemrintah Kota dan Kabupaten di Jawa Barat beserta Kepala UPT Bidang ketenagakerjaan, perwakilan dan industri, asosiasi profesi, akademisi, lembaga sertifikasi profesi dan calon lembaga sertifikasi profesi bidang Komunikasi.(IM)

https://www.kominfo.go.id/content/detail/9439/balitbang-sdm-sosialisasi-skkni-bidang-komunikasi/0/berita_satker


Tentang Informasi Balitbang SDM Sosialisasi SKKNI Bidang Komunikasi